Sabtu, November 30, 2013

mopd

season 1
Budiruhiat
PROGRAM MOPD
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK
SMPN 1 NGAMPRAH


Tanggal  15  s.d  17  Juli  2012























TAHUN PELAJARAN    2013 – 2014






PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG  BARAT
DINAS PENDIDIKAN  PEMUDA  DAN  OLAH  RAGA
SMP NEGERI   1    NGAMPRAH
Jl. Mekarsari  No.  4  Kecamatan  Ngamprah Kab.  Bandung Telp.  (022)  6808074













 LEMBAR  PENGESAHAN
PROGRAM PELAKSANAAN MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK

TAHUN  PELAJARAN  2013 - 2014



Kepala SMP Negeri  1  Ngamprah
Selaku Penanggung  Jawab






Drs.  H Andi  Suhaya, M.M.Pd
                                                    NIP. 19560604 198103 1 008

                           






Disahkan di Ngamprah  …………………………….








                                                                                     
Oleh Pengawas  Pembina SMP
 
DINAS  PENDIDIKAN  PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN  BANDUNG  BARAT
                                                                                                  


 

…………………………..
         NIP.








KATA   PENGANTAR




            Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang,   kami  dapat  menyelesaikan  program  penyelenggaraan  Masa  Orientasi  Peserta Didik (MOPD )  Siswa  Baru Tahun Pelajaran   2013 - 2014.
            Penyusunan program penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik ini dimaksudkan sebagai dasar acuan bagi kami dalam melaksanakan kegiatan MOPD bagi siswa baru SMP Negeri  1  Ngamprah.
            Kami sadar dalam penyusunan program ini masih banyak kekurangannya baik dari segi materi maupun sistematika penyusunannya.  Untuk itu kami mohon saran dan kritiknya dari semua pihak.
            Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Yth. Bapak Kepala SMP Negeri  1  Ngamprah selaku pelindung dan penanggung jawab kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik yang dengan tulus memberikan arahan kepada kami selaku Panitia Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD ) Siswa Baru Tahun Pelajaran  2013 - 2014.
            Akhirnya kepada yang Maha Penciptalah kami serahkan segalanya dan tak lupa memohon petunjuk serta ampunannya.
            Walloohul muwaafiq ila aqwaami Thooriq.


                                                                                                            Penyusun















DAFTAR    ISI
                                                                                                                        Hal
LEMBAR  PENGESAHAN
KATA  PENGANTAR                                                                                                    i
DAFTAR   ISI                                                                                                                             ii

BAB     I      PENDAHULUAN
1.        Pengertian dan Latar Belakang  MOPD                                             1
2.        Dasar Penyelenggaraan  MOPD                                                         2
3.        Maksud Penyusunan Program                                                             2
4.        Tujuan Penyelenggaraan  MOPD                                                        3
5.        Sasaran Penyelenggaraan MOPD                                                       4
6.        Materi   MOPD                                                                                   4
7.        Teknik  Pelaksanaan  MOPD                                                              4
8.        Ruang Lingkup / Pelaksanaan MOPD                                                4
9.        Sistematika                                                                                          5
BAB     II     PENGORGANISASIAN
1.      Pengorganisasian  Personil                                                                   6
2.       Susunan Panitia MOPD dari Pengurus OSIS                                     6
3.      Pembagian Tugas  Panitia                                                                  11
4.      Pengelompokan Peserta MOPD                                                        12
BAB     III    JADWAL KEGIATAN  MOPD
1.      Jadwal Pemandu  MOPD                                                                             14
2.      Jadwal Kerja Kelompok Panitia  MOPD                                          14
3.      Penjelasan Singkat Materi  MOSPD                                                 15
BAB     IV    ANGGARAN
1.      Sumber  Dana                                                                                   18
2.      Pengeluaran                                                                                      18
BAB     V      PENUTUP                                                                                               19
SARAN  dan  TINDAK LANJUT                                                                                20
LAMPIRAN – LAMPIRAN                                                                            



BAB   I
P E N D A H U L U A N
A.  Pengertian dan Latar  Belakang
            Secara umum program dapat diartikan sebagai suatu rencana tentang apa yang akan dikerjakan. Biasanya menggambarkan tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan  Sedangkan yang dimaksud dengan Program Kerja adalah suatu rangkaian kegiatan yang direncanakan dan akan dilaksanakan oleh seseorang, kelompok atau panitia, seperti halnya oleh panitia di tingkat sekolah.
Adapun yang dimaksud program kerja disini adalah Program  Penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik  Tahun  Pelajaran  2013 - 2014  di SMP  Negeri 1  Ngamprah  Kabupaten Bandung Barat, yakni sejumlah rangkaian kegiatan yang direncanakan dan akan dilaksanakan oleh Panitia Sekolah, setelah  siswa  kelas  7  baru di SMP Negeri 1   Ngamprah menempuh seleksi penerimaan siswa baru yang diisyaratkan. Para pelaksana atau panitia harus  bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab,  jangan ada peserta yang dirugikan akibat kelemahan penyelenggaraan.   Penyelenggaraan  kegiatan   MOPD merupakan  kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan      lingkungan tanpa kekerasan. Penyelenggaraan kegiatan MOPD  harus   bersifat   mudah,  meriah   dan   masal. Kegiatan  ini  diisi  dengan  ceramah umum, diskusi,  demontrasi  dan  olah  pikir  yang  berbentuk   dan di  kemas  secara  sederhana  dan dapat  memberdayakan  sifat  kritis  dan  potensi  siswa.
Kegiatan  MOPD  ditingkat  SMP  harus  memperhatikan  kenyataan  bahwa :
1.      Hari - hari    pertama    adalah    masa   ketika    sebagian   besar    siswa   memasuki lingkungan    yang    baru,    sering    kali    menimbulkan    ketegangan   yang   tidak sepenuhnya    disadari    yang    membawa    dampak    suka    dan   tidaknya    siswa dilingkungan     barunya.  Hal   ini   berpengaruh   terhadap   kelancaran  dalam studinya. Untuk    itu    hari – hari    pertama     sekolah    adalah    hal – hal   yang menyenangkan   bagi   siswa.
2.      Pergaulan   antar   siswa   dengan   tingkat   yang   berbeda  sering   terjadi   di  SMP. Karena  itu   diusahakan   hari-hari   pertama   sekolah,   siswa    baru    mulai   saling berkenalan  dengan  kakak  kelasnya.
3.      Di   SMP   para   siswa   sudah   diharapkan   untuk  belajar  bersama   dengan   siswa  lainnya    sehingga     dalam     MOPD    para      siswa     baru     dirangsang    untuk melakukan   kegiatan   diskusi   dengan   rekan-rekannya.
B.   Landasan  Hukum
        1.  Permendiknas  No.  23   Tahun  2006  tentang  Standar Kompetensi Lulusan   
        2.  Permendiknas  No.  34   Tahun  2006  tentang  Pembinaan Prestasi Peserta Didik
        3.  Permendiknas  No.  19   Tahun  2007  tentang  Standar Pengelolaan Pendidikan
        4Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008,
             tentang Pembinaan Kesiswaan
5.    SK  Kepanitiaan  Disdikpora KBB    No. 800/256.4-Disdikpora’, tentang Pelaksanaan PPDB Tahun 2013
6.  Rapat     Kordinasi     pelaksanaan     Masa     Orientasi    Peserta    Didik    Tahun    
             Pelajaran  2014 –  2014,   Tanggal     18   Juni   2013.
C.   Maksud dan Tujuan
1.      Maksud Penyusunan Proram
a.                   Sebagai  pedoman  bekerja  bagi  semua   personal  sekolah,  terutama  Panitia    Masa   Orientasi   Peserta   Didik    SMP   Negeri    1     Ngamprah.   mulai  dari  tahap   persiapan  sampai  pelaksanaan 
b.                  Agar kegiatan yang telah direncanakan dapat dilaksanakan secara tepat, cepat, kondusif  dan  sistematis.
c.                   Untuk    memudahkan    monitoring     dan     pengawasan,    demi     perbaikan       dan   peningkatan   pelaksanaan  MOPD  dimasa  yang  akan  datang.
d.                  Sebagai   tolak   ukur   bagi   sekolah   sampai   sejauh   mana   hal - hal   yang    perlu  dilaksanakan   dapat  diselesaikan   dengan  baik.
e.                   Sebagai bahan dokumentasi sekolah, terutama pada saat-saat diperlukan, sehingga  dapat  mempermudah dalam pelaksanaan.


2.      Tujuan  MOPD
a.      Tujuan  Umum
Untuk  memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang  lingkungan sekolahnya yang baru.  Diharapkan siswa mengawali kegiatan  pendidikan    dengan    hal – hal   yang    menggembirakan   sambil mengenal  dan  mempelajari  sesuatu  yang  baru,  baik  yang  berkaitan  dengan lingkungan fisik, lingkungan  social  ( termasuk  norma-norma  khusus  yang  berlaku di lingkungan  sekolah   barunya,   system   pembelajaran   berbeda serta   menumbuhkan   sikap  demokrasi  sejak  dini  dan  sadar  akan  hak dan kewajiban sehingga  diharapkan    akan   mampu   ikut   berperan   aktif   dan bertanggung  jawab  dalam  kehidupan bermasyarakat,  berbangsa dan bernegara).
b.      Tujuan   Khusus
o  Membantu  siswa  baru menyatu dengan warga sekolah,  beradaptasi dengan lingkungan    sekolah,    mengetahui   hak   dan    kewajiban   serta  mampu  bertanggung   dalam  kehidupan  sekolah
o  Membantu   siswa   baru   memahami   kehidupan   sekolah   dalam  rangka pelaksanaan wawasan wiyata mandala, sehingga fungsi sekolah, guru, siswa dan    masyarakat    lingkungan    dapat    mendukung   terwujudnya   tujuan pendidikan   secara   menyeluruh.
o  Mendorong   siswa   baru  untuk   aktif  menambah  pemahamannya Melalui pengamatan  terhadap  lingkungannya  yang  baru.
o  Membantu   siswa  baru   mengembangkan  keterampilan  untuk  melakukan analisis  pengamatan  dalam  membuat  kesimpulan-kesimpulan.
o  Mengembangkan kreatifitas dan memberdayakan potensi siswa.