Budi ruhiat
Materi MOPD Siswa Baru
Tahun Pelajaran 2012 - 2013
Pelaksanaan
Tanggal 9 s/d 11 Juli 2012
Oleh
Panitia MOPD
SMP Negeri 1 Ngamprah
2012
PANDUAN MATERI MOPD
TAHUN
PELAJARAN 2012 – 2013
PANITIA MOPD
TANGGAL 9 S/D 11 JULI 2012
SMP NEGERI
1 NGAMPRAH
JL. MEKARSARI NO 4 KECAMATAN NGAMPRAH KABUPATEN BANDUNG
BARAT 40552 (022 6808074
DAFTAR ISI
- JILID
- KAPER
- DAFTAR
ISI
- FORMAT
PENILAIAN
- MATERI 1
:
- Perkenalan
- Program
dan cara belajar
- Wawasan
wiyata mandala
- Observasi
Lingkungan
- Materi 2
:
- Penghangat
suasana
- Hak dan
kewajiban siswa
- Pembinaan
Kesiswaan / keorganisasian
- Mengenal
dunia usaha
- Kerohanian
- Perkenalan
- Materi 3
:
- Olah
Raga Gembira
- Demo
tiap ekstrakurikuler
- Penutupan
MOPD
- Pengumuman
peserta terbaik
FORMAT PENILAIAN PESERTA MOPD TERBAIK
( Penjaringan siswa terbaik )
GUGUS :
............................................
NO
|
NAMA
|
NO.PESERTA
ASAL SD
|
ALASAN PENILAIAN TERBAIK
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
Ngamprah, Juli 2012
Pemateri
................................
Nama Jelas
MATERI 1
PERKENALAN PROFIL SMPN 1 NGAMPRAH DAN NGAMPRAH 4
1. Seluruh siswa diajak untuk memperkenalkan
diri
2. Pemateri menjelaskan/ meperkenalkan profil SMP Negeri 1 Ngamprah diantaranya :
Sekelumit sejarah SMP Negeri 1 Ngamprah sejak
berdiri tahun 1983 atau tahun pelajaran 1983 -1984 , sebagai kelas jauh SMP Negeri 1
Padalarang,
kemudian tahun kedua berdiri sendiri Menjadi SMP Negeri 1 Ngamprah menempati Lokal
SD Negeri 1 dan 3 Cimareme di jalan
raya Cimareme, dan angkatan Pertama 1986 lulusan pertama menjadi lulusan yang
mendapatkan Nilai rata rata tertinggi di Sub rayon Bandung barat
kemudian tahun kelima pindah menempati gedung SD Lebak Gede dengan waktu belajar siang hari
Akhirnya pada tahun 1990 menempati gedung sendiri
dengan fasilitas yang masih terbatas.
Dalam perkembangannya SMP 1 Ngamprah sudah
berhasil melengkapi berbagai fasilitas
yang cukup memadai selain Ruang Belajar / Kelas
juga memiliki laboratorium IPA Pemancar Radio , Lab. Bahasa , Lab Koputer , Fasilitas internet*) , Perpustakaan ,
Ruang Ekstrakurikuler dengan jumlah ekstrakurikuler yang beragam
terdiri dari KIR ( kelompok Ilmiah Remaja) , PMR, Paskibra, Pramuka , Olah Raga
( terdiri dari Sepak Bola / Futsal, Bulu tangkis, Tenis Meja, Bola Volly , Basket,) Kerohanian , Ekstra
Kesenian ( Eksen ) , Ekstrakurikuler Drum Band / Marching band, Ekstrakurikuler PA ( Pecinta Alam ) ,
jurnalistik , Majalah Dinding , Dunia Usaha / (entrepeneurship ) , English Club
,
Dari berbagai ekstrakurikuler tersebut sudah mengukir berbagai Prestasi
seperti Paskibra Pernah menjuarai LKBB tingkat Kabupaten maupun Provinsi,
Pramuka pernah terselekseksi mengikuti Jambore Nasional , PMR mengadakan aksi
sosial , Olah taga Baik Volly maupun sepak Bola pernah menjuarai berbagai event
baik tingkat Kecamatan Kabupaten antar sekolah maupun tingkat Provinsi , seksen
pernah menjuarai Pupuh , Modern dance pernah juara, Lomba Olimpiade IPA dan matematika tingkat
Kabupaten dan masih banyak lagi prestasi
yang telah diukir oleh siswa siswi SMP 1 Ngamprah ,
Sebagai siswa Baru harus dapat melanjutkan
menorehkan prestasi yang lebih baik lagi
dengan belajar sungguh – sungguh mengukir prestasi
Mengharumkan
nama baik SMP Ngamprah dan membekali diri , sebab dengan berprestasi akan mampu
menggapai masa depan lebih mudah dan lebih baik
Selamat menjadi calon siswa baru tekadkan tujuan berada disini semata mata mau
belajar dan menjadi manusia lebih
baik dan lebih bermanfaat bagi orang lain , jika tujuan bukan untuk itu dari
awal disarankan silahkan kembali kepada orang tua masing masing , seperti hanya
gaya gayaan berbuat keonaran berbuat kenakalan sering Bolos membuat
masalah berpenampilan tidak rapi dan
sejenisnya silahkan pulang lagi dan jangan datang lagi sebab SMP 1 Ngamprah
hanya membutuhkan siswa yang mau belajar dan berkelakuan baik saja
SMP N 4 Ngamprah
mulai menerima siswa baru pada tahun lalu atau tahun pelajaran 2010 –
2011 , dan sekarang sudah memasuki tahun ke 2
atau angkatan kedua , dalam perkembangannya SMPN 4 Ngamprah sementara
masih menempati gedung SMPN 1 Ngamprah , Dalam kesempatan MOPD ini perlu
disampaikan bahwa baik siswa SMPN 1 Maupun SMPN 4 Ngamprah sama – sama
bertujuan untuk belajar antinya belajar dalam segala hal tentunya kearah yang
lebih baik , oleh karena itu perlu sekali saling menjaga sikap dan saling
menghargai antara sesama siswa , ataupun antara siswa SMPN 1 dengan SMPN 4
Ngamprah , dengan adanya MOPD ini diharapkan terjadi perubahan sikap dan
perilaku karena cara belajar di SD berbeda sekali dengan di SMP , maka
jadikanlah arena adaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru
semoga harapan kita semua siswa, guru
dan orang tua siswa dapat tercapai dengan kerja sama yang baik
Karena semua yang datang ke sekolah memiliki
tujuan yang sama yaitu menjadi lebih baik , baik dalam berucap, bertindak ,
berfikir dan berperilaku . semoga bermanfaat dengan memahami profil sekolah ini
lebih mengenal keberadaan sekolah dengan segala kekurangan dan kelebihannya dan
dapat memanfaatkan semua fasilitas secara maksimal
PROGRAM DAN CARA BELAJAR
Cara Belajar di SMP berbeda jauh dengan di SD ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1.
Setelah
MOPD berakhir akan dibagi Kelas dari kelas 7A s/d 7H dan akan memiliki wali
kelas masing masing
2.
Setiap kelas harus menyusun Struktur
organigram kelas dipandu oleh wali kelas
3.
Setiasp
siswa harus mendapatkan nilai tuntas dalam setiap mata pelajaran dengan melakukan
perbaikan sebagai syarat untuk naik ke kelas berikutnya
4.
setiap
kelas akan mendapatkan jadwal pelajaran yang berbeda dengan kelas yang lain
5.
selain
Program Kurikuler artinya yang diajarkan dikelas diwajibkan / diharuskan
memilih salah satu ekstrakurikuler yang ada yang dilaksanakan setiap hari sabtu
6.
Setiap
siswa yang melanggar tata tertib sekolah akan dikenakan sangsi sesuai dengan
pelanggaran yang dibuat bahkan dapat dikeluarkan sesuai perjanjian yang ditanda
tangani setiap siswa yang diterima di SMP 1 Ngamprah
7.
setiap
mata pelajaran diajarkan oleh seorang guru mata pelajaran
8.
siswa
yang aktif dan berprestasi akan mendapat penghargaan dari sekolah
9.
Setiap
siswa dituntut aktif kreatif baik bertanya mengajukan saran maupun menjawab pertanyaan sebab diskusi kelas harus dapat dilaksanakan
oleh siswa dengan dibimbing oleg guru mata pelajaran
10. setiap siswa dituntut untuk dapat rajin
membaca sebab dengan membaca akan banyak tahu , mendengarkan berita
perkembangan negara maupun dunia
11. setiap siswa diharapkan dapat memanfaatkan
fasilitas sekolah seperti internet, lab bahasa, perpustakaan dan fasilitas
lainnya
12. Berpakaian setiap siswa diwajibkan
berpakaian sesuai dengan ketentuan yang diharuskan seperti : Setiap senin wajib
memakai topi saat Upacara, pakaian Putih biru wajib rapih berdasi dan ikat
pinggang sekolah dengan atribut lengkap dengan memakai sepatu NB dari sekolah
atau sejenisnya , setiap kamis memakai
Batik,Jum at Pakaian Taqwa seragam sekolah
13. tanpa dasi setiap sabtu berpakaian sesuai
dengan Ekstrakuyrikuler yang diikuti ( Pakaian Kebesaran Ekstra Kurikuler atau
sesuai petunjuk Pembina Ekstra masing masing )
14. siswa dapat berkonsultasi masalah
pelajaran atau masalah lainnya kepada : Wali Kelas masing masing , Guru BP ,
Pembina OSIS atau PKS Kesiswaan
15. Jika siswa memiliki bakat Khusus
diharapkan diketahui wali Kelas atau Pembina OSIS
16. sekolah memiliki Majalah sekolah yang
mengisi berbagai rubrik adalah siswa dengan menghubungi redaksi majalah di
Ruang Tabsis dan Pemred Majalah siswa *)
17. sekolah memiliki Radio Suara siswa diisi
oleh para siswa yang berminat dalam bidang Broadcast / siaran *)
18. fasilitas lain yang disediakan sekolah :
a. Foto Copy di Koperasi sekolah dan
kebutuhan siswa lainnya
b. Tabungan siswa di Ruang Tabsis
c. Fasilitas Alat Musik ( Band )
d.
Warnet *)
e. Kantin dll
19. Setiap semester diadakan Ulangan umum
20. setiap siswa mendapatkan buku tata tertib
yang berisi pulsa , apabila pulsa sudah habis maka , siswa tersebut
dikembalikan pada orang tuanya
21. setiap siswa mendapatkan pulsa 100 , dan
setiap kesalahan akan dikurangi pulsanya sesuai dengan jenis kesalahan yang
diperbuatnya
WAWASAN WIYATA MANDALA
Wawasan artinya cara Pandang
Wiyata artinya pendidikan
Mandala artinya lingkungan
Jadi wawasan wiyata mandala adalah cara pandang
siswa terhadap lingkungan pendidikan , dengan memahami wawasan wiyata
mandala siswa harus menjadikan lingkungan
sekolah sebagai lingkungan belajar baik belajar berbagai ilmu pengetahuan
maupun belajar bersosialisasi artinya bergaul dengan berbagai kalangan seperti
dengan sesama siswa ( harus berkawan banyak ) dengan guru bagaimana tata krama
dilakukan , dengan karyawan sekolah dengan Tata Usaha sekolah , Keamana sekolah
dan sebagainya .
Selama menjadi siswa SMP 1 Ngamprah harus memiliki
tekad bahwa datang ke sekolah semata – mata hendak menjadi lebih baik dan
bermanfaat , baik dalam belajar di kelas maupun di luar kelas , baik dalam
bertata krama dan sopan santun , mampu berfikir kritis, bertaqwa , cerdas dan
kreatif, inovatif .
Artinya kritis berbicara dalam menyampaikan pendapat
dan mampu menghargai pendapat orang lain
Bertaqwa artinya mengamalkan ilmu pengetahuan dan
perbuatan harus senantiasa didasari oleh
nilai nilai agama , walaupun berbeda agama , sebab semua agama resmi mengajarkan umatnya untuk berbuat baik
Cerdas dalam bersikap dan mengambil keputusan
artinya kapan boleh berbicara dan kapan kita harus menjadi pendengar yang baik
.
Kreatif artinya selalu ingin memanfaat segala
sesuatu untuk kebaikan dan segala sesuatu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin
, artinya tidak ada sesuatu yang tidak berguna bahkan bagi orang yang kreatif
sampah saja masih bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna
Inovatif artinya mampu menciptakan sesuatu yang
baru yang mendukung khidupan menjadi lebih berkwalitas dan lebih baik dan layak
.
Dengan memanfaat segala fasilitas yang ada
disekolah yang mendukung lingkungan belajar yang kondusif artinya dapat memanfaat
lingkungan sekolah sebagai wahana belajar menempa diri menjadi manusia yang
berguna bagi bangsa dan negara , menjadi warga negara yang baik yang memahami hak dan kewajiban sebagai
siswa, anggota masyarakat , dan calon penerus bangsa yang beriman, berilmu ,
cerdas, dan berdaya saing , sebab bangsa Indonesia ini akan maju jika diisi oleh warga negara
yang berfikiran positif dan inovatif , bukan diisi
oleh orang malas , ingin enak saja tanpa bekerja keras , ingin disebut anak
gaul tanpa mau berjuang untuk menjadi manusia yang memiliki keahlian ,
Maka di sinilah lingkungannya di sekolah
jadikanlah sekolah SMP 1 Ngamprah sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan dan
tempat mengukir prestasi
OBSERVASI
LINGKUNGAN
Siswa diharus mengisi / membuat denah dengan mengamati mencari informasi nama
atau jenis setiap ruang / tempat yang
ada dilingkungan SMP 1 Ngamprah dan
melaporkan kepada pemateri
Kalau ada denah Kosong / peta buta atau kertas Kosong beli di Koperasi
Di beri contoh oleh pemateri di kelas
Dari Mulai
Ruang satpam s/d semua ruangan dan tempat yang ada dilingkungan SMP 1 Ngamprah
Bisa berkelompok atau perorangan
PENGHANGAT SUASANA
Membuat permainan yang 3 m ( mudah, murah dan masal ) misalnya siswa
disuruh menulis dengan tangan kiri, , menggambar wajah dengan mata tertutup ,
menyanyikan lagu dengan vokal yang sama dan sebagainya sesuai kemampuan pemateri
Diisi dengan berkenalan / mengumpulkan tanda tangan dari Pengurus OSIS ,
Pengurus anggota Setiap Ekstrakurikuler , Guru, Karyawan sekolah , Tata Usaha,.
PKS , Keamana sekolah dan Kepala Sekolah berikut nama dan Jabatannya
Contoh :
Format disediakan :
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Tanda tangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Tanda tangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
HAK DAN KEWAJIBAN
A.Pengertian
Hak adalah Kewenangan /
kekuasaan yang dimiliki seseorang untuk
melakukan atau tidak melakukan sesuatu
Kewajiban adalah Keharusan
yang mesti dilakukan oleh seseorang dan jika tidk dilaksanakan akan mendapat
sangsi
Hak dan kewajiban seorang
siswa :
Diantaranya Hak seorang
siswa adalah mendapat perlakuan yang sama , mendapat pelayanan pendidikan ,
mengajukan pendapat , hak memperoleh perhatian yang sama , hak untuk diberi
kesempatan yang sama dalam segala hal
Kewajiban siswa
diantaranya :
1. mentaati segala bentuk peraturan / tata
tertib sekolah , sebab jika seseorang sudah masuk dalam suatu lingkungan maka
harus dapat mengikuti kebiasaan/ aturan
lingkungan tersebut peribahasa mengatakan ”dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung ” ,
2. Belajar dengan sungguh sungguh , sebab
kewajiban utama seorang siswa adalah Belajar sebab siswa itu memiliki predikat
sebagai Pelajar artinya orang tukang belajar , dan yang namanya belajar tidak
hanya bergelut dengan materi pelajaran saja , belajar menghormati dan
menghargai orang lain , belajar
berbicara sopan dan halus tutur katanya . jadi harus ada bedanya seorang
pelajar dengan anak yang tidak sekolah .
3. Wajib menghormati guru Karyawan sekolah ,
dan sesama siswa
Lebih jauh tentang hak dan kewajiban yang harus di
fahami setiap siswa adalah mampu melaksanakannya secara seimbang artinya tidak
hanya menuntut hak saja dengan mengabaikan kewajiban
Seperti Guru akan memberikan penilaian yang baik
dan akan memberikan hak – haknya secara penuh jika siswa menjalankan segala
kewajibannya dengan penuh pula .
PEMBINAAN KESISWAAN DAN
KEORGANISASIAN
A. PEMBINAAN KESISWAAN
Sebagai bentuk pembinaan siswa diantaranya adalah
dengan :
- Mengikuti
MOPD ; yang wajib diikuti seluruh siswa Baru
- Berpakaian
rapih memakai atribut lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki
- Mengikuti
Upacara bendera setiap hari senin Untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah
air dan cinta almamater SMP 1
Ngamprah
- Datang
dan Pulang tepat waktu atau sesuai dengan jadwal
- Memberikan
salam setiap bertemu dengan bapak / ibu guru dimanapun bertemu .
- Meminta
izin jika hendak keluar / masuk kelas
- Meminta
izin jika hendak memasuki / keluar ruangan lain
- Berdo a
setiap akan memulai pelajaran dan mengakhiri pelajaran
- Mendapat
sangsi jika melanggar peraturan / tata tertib sekolah
- Di akhir
semester pertama dilaksanakan LDK / CPD / PCAE ( Latihan Dasar
Kepemimpinan / Camping Pendidikan Dasar / Pelantikan Calon Anggota
Fkstrakurikuler ) yang wajib
diikuti oleh seluruh kelas 7
B. KEORGANISASIAN
Organisasi
mengandung pengertian : Suatu kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih untuk mencapai suatu tujuan tertentu .
Dalam menjalankan suatu
organisasi selalu ada struktur Organisasi yang dikenal dengan sebutan Organigram , dalam organigram tercantum Pemimpin dan
staff berikut yang dipimpinnya .
Bentuk keorganisasian di
SMP negeri 1 Ngamprah sebagai induk organisasi siswa dinamakan OSIS (
Organisasi siswa Intra Sekolah ) yang dibina oleh Pembina OSIS
Dalam OSIS ini terdiri
dari pengurus inti yaitu ketua , wakil ketua , sekertaris dan bendahara dan
dibagi kedalam berbagai Seksi / divisi
atau seksi bidang tertentu yang dinamakan Staff OSIS ,
Kegiatan OSIS ini mencakup
semua kegiatan siswa yang tersusun dalam Kegiatan beberapa Ekstrakurikuler
Masing masing
ekstrakurikuler memiliki kepengurusan / keorganisasian yang Khas artinya sesuai
dengan bentuk kegiatan skstrakurikuler tersebut , disinipun sama ada ketua ,
wakil ketua sekertaris Bendahara dan seksi – seksi bidang tertentu .
Sedangkan macam macam atau
bentuk Organisasi yang berada dibawah OSIS SMP Negeri 1 Ngamprah adalah :
1. Pramuka
2. PMR
3. Paskibra
4. Olah raga ( Volly Ball, Basket dan Sepal
Bola, bulu tangkis, Tenis meja )
5. Kesenian ( Eksen, seni tari, seni suara ,
Seni Lukis )
6. Kerohanian
7. KIR ( Kelompok Ilmiah Remaja )
8. PA ( Pecinta Alam ) Brigaspala ( Brigade Siswa Pecinta Alam )
9. English Club
10. Dunia Usaha
11. Majalah Dinding
Itulah sekelumit
keorganisaian yang ada di SMP 1 Ngamprah
dan silahkan memilih yang sesuai dengan hati minat , bakat dan keinginan
MENGENAL DUNIA USAHA
Dalam hidupnya manusia
selalu berusaha untuk: mempertahankan
hidup , meningkatkan kwalitas hidup dan mendapatkan status /
kedudukan dalam hidup, untuk itu yang diperlukan oleh setiap orang adalah
berusaha untuk mendapatkan ketiga hal tersebut diatas .
Sebagai wujud dukungan dan
sarana belajar mengenal dunia usaha di SMP 1 Ngamprah ada lembaga Perekonomian
yang sudah Berbadan Hukum , yaitu Koperasi Warga SMP 1 Ngamprah , lembaga ini
berada dibawah Dinas Perindustrian, Perdagangan , Penanaman modal dan Kopersi .
Keberadaan Koperasi di SMP
1 Ngamprah sebagai salah satu upaya mewujudkan peningkatan kwalitas hidup dan
seluruh siswa diberikan kesempatan untuk dapat belajar mengembangkan dunia
usaha dengan belajar tentang perkoperasian pada kesempatan tertentu ( waktu
luang )
OLAH RAGA GEMBIRA
Dipimpin oleh Pembina OSIS, Guru Olah Raga
Dibimbing oleh koordinator gugus masing
masing
DEMO TIAP EKSTRAKURIKULER
Dipimpin
Oleh Pembina ekstrakurikuler
Dibimbing oleh pelatih lapangan *)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar